Tutorial Photoshop Desain Gambar Kaos Untuk Pemula

Ingin membuat kaos custom tetapi tidak tahu caranya mendesain gambar kaos Anda sendiri? Jangan sedih! Pada artikel kali ini akan dibahas tutorial membuat desain gambar kaos menggunakan Adobe Photoshop dari nol.

Desain kaos yang akan dibuat pada tutorial ini adalah berbentuk kaligrafi atau typography. Kenapa kaligrafi? Karena untuk membuat kaligrafi dengan photoshop, Anda tidak perlu mahir menggambar.

Jadi bagi Anda yang tidak bisa menggambar dan ingin mencoba membuat desain gambar kaos sendiri, wajib mengikuti tutorial ini sampai selesai.
 

Alat-Alat

  1. PC/Laptop RAM minimal 2 GB, processor intel core i3 atau AMD A7
  2. Software Photoshop CS 4/5/6
  3. Font eksternal (bukan bawaan dari windows). Anda bisa mengunduhnya di internet. Anda bisa menggunakan font jenis apapun yang menurut Anda bagus. Namun pada tutorial ini menggunakan font bernama Filmotype Leader
  4.  

Langkah Mendesain

  1. Install Photoshop di PC/laptop Anda.
  2. Install font yang tadi sudah Anda unduh.
  3. Buka Photoshop. Buat file baru dengan cara tekan tombol Ctrldan Npada keyboard secara bersamaan.
  4. Akan muncul kotak dialog. Pada kolom Nameotomatis akan terisi Untitled-1. Ubah  menjadi nama file yang Anda inginkan misal “Desain Gambar Kaos.”
  5. Pada kolom width dan height, ubah dahulu satuannya menjadi centimeters karena biasanya satuannya otomatis pixel.
  6. Setelah menjadi centimetersisikan 80 pada width dan 50 pada height. Sebenarnya Anda bebas mau memasukkan berapa panjang dan tingginya. Karena desain ini nantinya akan dicetak untuk sablon, maka buat saja ukuran yang besar ada saat dicetak gambarnya tidak pecah.
  7. Resolution72, color mode RGB 8 bit, backgroundpilih whiteatau transparance.
  8. Lalu tekan enter dan Anda akan melihat “kertas” atau “kanvas” yang akan Anda gunakan untuk menggambar.
  9. Kemudian klik logo “T” untuk membuat tulisan baru. Jika Anda kesulitan mencarinya tekan saja huruf “T” pada keyboard Anda.
  10. Lalu ketik tulisan semau Anda. Contohna “Happy”, buat tulisan berwarna hitam dan font cukup besar tetapi masih menyisakan ruang lain agar bisa digunakan untuk menulis tulisan lain.
  11. Buat tulisan lagi, contoh “NewYear.”, buat warna dan ukurannya menjadi sama dengan tulisan sebelumnya.
  12. Buat tulisan baru “2018”, warna font dan ukurannya juga sama.
  13. Sekarang saatnya mengatur posisi setiap textagar tampak keren.
  14. Seleksi text “Happy”, caranya  klik text “Happy” pada jendela layer. Jika layer Anda belum muncul, klik menu “Window” yang terdapat di bagian atas photoshoplalu pilih “layer” untuk memunculkannya, atau tekan tombol “F7” pada keyboard Anda.
  15. Lalu pada bagian canvas, text “Happy” akan terseleksi. Letakkan text tersebut di atas sendiri.
  16. Lakukan seleksi pada text “NewYear.” Letakkan text tersebut di bawah text “Happy” tarik bagian pojok bawah kanan text NewYear agar menjadi lebih besar dan panjang dibandingkan text “Happy”. Atur saja sesuka Anda sampai kira-kira pas dan terlihat keren.
  17. Selanjutnya lakukan hal yang sama dengan text “2017” letakkan text tersebut di bawah text “NewYear”. Buat ukurannya sama dengan atau lebih besar dari text “Happy” tetapi lebih kecil dibandingkan text “NewYear.”
  18. Proses membuat desain gambar kaos sudah selesai. Jangan lupa simpan file tersebut dengan cara tekan tombol Ctrl dan S pada keyboard Anda secara bersamaan.
  19. Pilih jenis file Photoshop (*.PSD;*.PDD) agar mudah saat akan dicetak atau jika suatu saat Anda ingin mengeditnya lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *