Tutorial Membuat Desain Kaos Sendiri via Corel Draw dan Photoshop

Jika kita mampu membuat desain kaos sendiri, tentu saja ada beberapa kelebihan yang didapatkan, seperti desain kaos tak ada kembarannya, kemudian muncul kebanggaan dalam diri saat memakainya sebab kaos tersebut benar-benar buatan sendiri. Terlebih lagi, kini ada banyak jasa percetakan kaos digital, karenanya kita lebih mudah untuk merealisasikan ide tersebut.

Untuk pembuatan desain baju distro bisa memanfaatkan software corel draw lalu disimpan berbentuk gambar dengan format PNG background transparan yang beresolusi tinggi supaya gambar tetap jelas saat dicetak. Setelah mendesain gambar, Anda bisa langsung mengirimnya ke jasa print kaos.
 

Tutorial Membuat Desain Kaos Sendiri

Untuk langkah-langkah pembuatan desain kaos distro sendiri, berikut ulasannya :
 

  1. Pertama-tama tentukan lebih dulu warna kaos yang akan dicetak gambar, seperti misalnya warna abu-abu. Kemudian tentukan warna corak pada desain kaos menyesuaikan warna kaosnya itu sendiri, seperti warna putih dan hitam. Lalu, tentukan pula ukuran gambar, bisa berukuran A3, A4, dan sebagainya.
  2. Selanjutnya buka software corel draw lalu setting dokumen/file baru yang ukuran tingginya 8 cm dan lebarnya 21 cm. Rencananya di sini kita mencoba desain kaos yang memiliki perpaduan antara motif dan tulisan.
  3. Langkah berikutnya buat gambar berbentuk elip memakai elips tool. Lalu buat duplikatnya, caranya dengan klik gambar dan tekan secara bersamaan tombol CTRL+D. Setelah itu, tempel gambar yang kedua pada gambar yang pertama dan perkecil ukurannya. Selanjutnya Anda dapat mengatur ketebalan garis pada gambar pertama, caranya dengan klik object propertieslalu pilih outline dan pilih 2 pt.
  4. Buat gambar dengan corak memakai artistic media. Dari sini Anda cukup membentuk corak di bagian samping kanan saja, lalu jika sudah selesai Anda bisa duplikat dengan memblok semua gambar lalu tekan tombol CTRL+D secara bersamaan dalam keyboard. Kemudian balik posisinya, yakni dengan cara menekan tombol CTRL berbarengan dengan menarik kotak hitam berukuran kecil pada mouse ke arah kiri.
  5. Lalu buat gambar bintang memakai star toll selanjutnya tempatkan di bagian tengah elip. Anda bisa merapikan posisi motifnya.
  6. Setelah itu, buat tulisan memakai text tool kemudian pilih jenis dan ukuran teks sesuai keinginan Anda.

 

Membuat Desain Kaos Menggunakan Photoshop

Selain menggunakan corel draw, Anda juga bisa membuat desain kaos sendiri menggunakan photoshop. Adapun cara-caranya ialah sebagai berikut :

  1. Pertama-tama download template atau mockup baju kaos di internet.
  2. Selanjutnya buka software photoshop, lalu pilih open dan pilih file hasil download gambar kaos yang Anda pilih.
  3. Kemudian buat pola desain baju distro tadi memakai path tool, pen tool.
  4. Selanjutnya ikuti pola desain kaos pada mockup sampai berbentuk pola desain tertentu.
  5. Jika sudah selesai memakai pen tool, selanjutnya klik kanan lalu pilih make selectionuntuk pembuatan blok template pada desain kaos.
  6. Lalu buat layer baru dan beri warna hitam sementara di layer pertama.
  7. Ubah warna pada baju kaos hitam berwarna merah atau warna kesukaan sesuai dengan tema yang Anda pilih, memakai blending option kemudian pilih layer style.
  8. Selanjutnya ubah background berbentuk layer 0 lalu atur posisi pada layer 0 tepat di atas layer 1. Lalu ubah mode berbentuk multiply untuk pemberian efek warna pada baju kaos yang asli.
  9. Kini saatnya Anda menerapkan desain gambar yang hendak dibuatkan di template mockup kaos.
  10. Selanjutnya potong bagian pada gambar utama lalu masukkan pada layer baru, bisa di drag atau di copy paste.
  11. Kemudian atur posisi pada layer tepat di atas layer 2, agar memberikan desain kaos natural.
  12. Selanjutnya hapus di bagian leher desain yang dimasukkan dalam baju distro dengan menghapus dalam kaosnya.

Bagaimana, cara membuat desain kaos sendiri di atas cukup mudah kan?

 
full print kaos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *