Tips Bikin Desain Baju Sendiri Mudah

Ada yang menganggap jika bikin desain baju sendiri membutuhkan bakat, dan umumnya bakat tersebut berkat bawaan lahir, akan tetapi untuk hal tersebut tentu kita semua kurang setuju, sebab semua dapat dipelajari. Meskipun untuk orang yang tak mempunyai bakat dalam bidang tertentu.

Dalam mendesain kaos atau baju, hal yang perlu diketahui pertama kali adalah jika biasanya desain kaos itu simple, tapi elegan, hal ini berbeda ketika Anda mendesain media promosi seperti katalog  flyer, souvenir dan merchandise, mungkin flyer yang isinya ramai lebih banyak disukai klien, namun hal tersebut tak berlaku bagi desain baju, dimana semakin simple desain baju tersebut maka semakin digemari oleh konsumen.

Macam-Macam Cetakan Pada Kaos atau Baju

Awalnya, satu-satunya pilihan cara dalam memberikan desain atau gambar pada kaos yaitu dengan disablon, tapi dengan kehadiran teknologi printing sekarang ini semakin mempermudah pembuatan desain. Teknologi printing ini biasa disebut sebagai DTG (direct to garment).

Dalam teknologi sablon sendiri, model desain yang paling banyak digunakan ialah gaya tanpa gradasi warna dan gaya vektor, sebab akan sulit menciptakan gradasi warna dalam teknologi sablon, dan memerlukan pengaturan film secara kompleks.

Hal ini berbeda dari teknologi printing, anda bisa lebih bebas menerapkan gambar apa saja yang diinginkan, akan tetapi biasanya harga jualnya lebih mahal dibandingkan harga kaos dengan sablon biasa. Jika sablon biasa perlu dibuat produksi dalam jumlah yang banyak, sedangkan dengan teknologi printing cukup buat satuan, karenanya wajar jika harganya jauh lebih mahal. Belum lagi, mahalnya harga kaos hasil printing ini dikarenakan harga tinta printing berbeda jauh dari harga tinta pada sablon manual.

Tutorial Bikin Desain Baju Sendiri

Berikut langkah-langkah bikin desain baju sendiri, diantaranya :

1. Pilih warna baju yang didesain

Anggap saja Anda diminta mendesain gambar dalam sebuah kaos, hal pertama yang perlu diperhatikan ialah Anda harus mengetahui warna baju yang akan dijadikan medianya. Seperti misalnya, Anda diminta membuat desain kaos berwarna hitam, dalam desainnya tentu saja Anda dapat menggunakan warna putih, atau sebaliknya.

Mengetahui pilihan warna kaos sendiri bertujuan agar Anda dapat mengetahui warna kaos yang dapat digunakan dalam desainnya, hal tersebut bertujuan untuk memadukan warna, agar terlihat keren dan kontras.

2. Area desain

Desain pada kaos atau baju umumnya hanya terdapat dalam area depan, dengan ukuran paling besar 30 x 40 cm. Dengan begitu, ketika Anda membuat pola desainnya dapat disesuaikan penempatan dan ukuran desainnya.

3. Desain typography style

Hal yang paling mudah dalam mendesain baju sendiri ialah dengan memakai tulisan. Tugas beratnya yaitu hanya bagaimana Anda memilih font lalu mengkombinasikan font-font agar terlihat tetap eye catchingserta pesan desainnya sampai pada orang-orang yang melihat kaos tersebut nantinya.

4. Simpel tapi keren

Banyak orang di zaman sekarang yang beranggapan bahwa semakin simple sebuah desain akan terlihat semakin keren, terlihat semakin elegan serta mahal.

5. Aplikasi desain kaos

Biasanya aplikasi atau software bikin desain baju sendiri terdapat dua pilihan, seperti coreldraw dan adobe photoshop. Namun jika Anda belum mampu memakai kedua software tadi, Anda bisa lihat Tutorial Membuat Desain Kaos Sendiri via Corel Draw dan Photoshop. Selain itu Anda juga bisa mencoba situs design online gratisan yang dapat mempermudah Anda membuat desain baju sendiri.

Dengan berbagai pilihan software dan aplikasi, anda bisa menentukan mana yang lebih baik. Anda juga bisa mencoba teknologi printing DTG untuk hasil yang lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *