Membuat Desain Baju Sendiri Dengan Mudah

Desain baju sendiri, mungkinkah bisa dilakukan? Ada sebagian orang yang menganggap jika mendesain baju membutuhkan bakat, dan bakat tersebut merupakan bawaan dari lahir. Anggapan seperti ini tentunya kurang setuju bukan! Karena semua bisa dipelajari asalkan anda mau belajar dan terus berusaha. Sebelum melakukan desain baju sendiri, maka ada baiknya anda mengetahui berbagai jenis cetakan pada baju. Berikut ulasan selengkapnya.
 

Jenis-jenis cetakan pada baju

Dahulu, satu-satunya cara yang digunakan untuk memberi desain atau gambar adalah menggunakan cara sablon. Tetapi, saat ini bukan hanya cara di sablon saja yang bisa digunakan, cara tersebut adalah menggunakan teknologi printing yang disebut juga dengan istilah Direct to Garment atau DTG. Gaya desain yang banyak dipakai pada teknologi sablon adalah gaya-gaya vektor. Sedangkan untuk membuat gradasi warna dengan menggunakan teknologi sablon akan sulit untuk dilakukan karena diperlukan pengaturan film yang kompleks.

Tentunya hal ini berbeda dengan printing, karena anda bisa menggunakan gambar apapun yang diinginkan. Jika sablon biasa dibuat dengan banyak sekali produksi, maka dengan printing anda bisa membuatnya dalam jumlah satuan saja.
 

Mengetahui berbagai langkah pembuatan desain baju

 

  • Mengetahui warna baju yang akan didesain

Anggap saja anda diminta mendesain gambar di sebuah kaos, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah anda harus mengetahui warna kaos yang akan dijadikan sebagai media. Contohnya, ketika anda diminta untuk mendesain baju sendiri yang berwarna putih, maka dalam desainnya, anda bisa menggunakan warna hitam. Begitu pula sebaliknya jika desain untuk kaos yang berwarna hitam, maka sebaiknya hindarilah desain yang memiliki banyak warna hitam, karena tidak akan terlihat jelas. Penting sekali untuk mengetahui warna kaos yang akan didesain supaya anda bisa memadu padankan warna agar terlihat lebih keren ketika dikenakan.
 

  • Mengetahui dengan baik area desain

Biasanya, desain pada baju hanya terdapat pada area depan, dan paling besar ukurannya adalah 30×40 cm. Untuk itu, ketika anda ingin membuat sebuah desain, maka anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran maupun penempatan desainnya.
 

  • Memulai dengan melakukan typography style

Langkah paling mudah ketika membuat desain baju adalah menggunakan tulisan. Tugas beratnya hanya ketika anda memilih font maupun mengkombinasikannya dengan beberapa font supaya pesan yang ada pada baju tersebut bisa sampai kepada orang-orang yang memang melihat baju tersebut.
 

  • Semakin simpel, maka baju yang akan dikenakan semakin keren

Agar ketika mengenakan baju penampilan semakin keren, maka anda bisa membuat desain baju tersebut menjadi simpel, dan tidak berlebihan. Bahkan, hanya dengan memainkan font saja, baju tersebut akan terlihat lebih keren dan elegan. Namun, jika anda lebih menyukai baju yang memiliki banyak desain, anda juga bisa mengenakannya sesuai dengan acara yang akan anda hadiri.
 

  • Aplikasi untuk mendesain

Beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan adalah CorelDRAW hingga Adobe Photoshop. Namun jika anda tidak bisa menggunakan software-software tersebut, anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak situs-situs yang bisa anda gunakan secara gratis, sehingga akan memudahkan anda untuk mendesain baju.

Nah, setelah membahas beberapa ulasan di atas, maka tugas anda sekarang adalah mencobanya. Jika anda ingin cara yang lebih ekstrem, maka anda bisa mencetak hasil desainnya dengan menggunakan print DTG agar bisa menjadi kebanggan tersendiri ketika melakukan desain baju sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *