E-money, Alat Pembayaran Modern yang Praktis dan Sarat Manfaat

Sejak tahun lalu, permintaan e money custom design mengalami peningkatan. Sejumlah bank di Indonesia telah menerbitkannya sebagai alat pembayaran. Lantas, apa itu e-money dan apa saja benefit yang dimilikinya?

Definisi e-money dan manfaatnya

Seperti yang telah disebutkan, e-money merupakan alat pembayaran yang memakai media elektrobik berupa jaringan komputer dan internet. Alat ini pun sering kali disebut sebagai digital money, electronic cash, digital cash, electronic currency, atau digital currency. Dibandingkan uang konvensional, e-money mempunyai sistem keamanan yang lebih kuat—bahkan ilmu kiptografi pun menyatakan bahwa uang elektronik sulit dibajak atau diretas, sehingga Anda tak perlu cemas menggunakannya.

Berdasarkan jenisnya, e-money terdiri atas dua jenis, yakni:

  1. Prepaid software. Disebut pula sebagai digital cash, e-money jenis prepaid software umunya mempunyai nilai yang disimpan dalam hard disk di komputer. Anda dapat memindahkan dananya lewat koneksi internet;
  2. Prepaid card. Jenis e-money yang punya nama lain electronic purchase ini menyimpan nilai milik nasabah dalam chip yang dibenamkan pada kartu. Prepaid card termasuk tipe uang elektronik yang kerap diterbitkan bank di Indonesia.

Berbeda dengan kartu kredit, uang elektronik tidak membutuhkan proses otorasi seperti pin atau tanda tangan, sebab alat ini tidak berhubungan dengan rekening nasabah yang terdaftar di bank. Penggunaan e-money pun tak membebankan tagihan atau pembayaran ke rekening seperti kartu kredit maupun debit. Selain itu, Anda juga dapat melakukan top up untuk kartu tersebut seperti halnya sistem prepaid lain. Tak hanya itu, Anda  bisa meminta atau membuat e money custom design sesuai selera.

Apa saja manfaat yang diberikan e-money?

Mulanya, Anda mungkin kurang terbiasa dengan konsep e-money sebagai alat pembayaran. Namun, bank-bank yang meluncurkan uang elektronik telah mempersiapkannya dengan sistem yang mudah buat Anda terapkan. Dengan begitu, Anda akan memperoleh berbagai manfaat seperti:

  1. E-money didesain sebagai alat pembayaran praktis. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat melakukan transaksi lebih cepat dan mudah daripada saat memakai uang konvensional. Bahkan Anda tak perlu antre dan melakukan perhitungan;
  2. Karena bersifat elektronik, e-money tak mengenal uang kembalian berwujud barang. Pasalnya, saat Anda memakai uang elektronik untuk transaksi, pihak merchant akan langsung melakukan kliringmemakai koneksi internet. Proses ini jelas lebih efisien dan efektif;
  3. Uang elektronik bersifat aplikatif. Dalam hal ini, Anda dapat memakainya dalam macam-macam transaksi—baik yang bernilai kecil hingga besar. Sebut saja untuk membayar biaya tol, fast food, tiket transportasi, dan lain sebagainya.
  4. Menikmati berbagai promosi dan penawaran menarik. Untuk menarik minat nasabah, bank yang merilis e-money pun menyematkan beragam tawaran berupa potongan harga atau produk limited edition bagi para nasabah. Hal ini mungkin tak akan Anda dapatkan saat memakai uang biasa;
  5. Format yang lebih bervariasi. Tak hanya dibentuk jadi kartu, uang elektronik nyatanya dapat dibuat juga jadi gelang bahkan ditempelkan ke ponsel pintar. Jadi, kalau dompet Anda tertinggal, Anda masih bisa menggunakan e-money yang dibuat dalam bentuk alternatif tersebut.

Itulah pemaparan seputar definisi e-money dan manfaat-manfaatnya. Tak ada salahnya menggunakan uang elektronik sebagai pendamping uang konvensional walau pemakaiannya belum terlalu umum. Jika Anda tertarik untuk memanfaatkannya, kunjungi bank yang menyediakan uang elektronik dan cetak e-money custom design untuk proses transaksi praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *