Desain Kaos Sendiri

Tampil keren dan modis dengan kaos yang didesain sendiri memang menjadi salah satu nilai tambah tersendiri bagi penggunanya. Membuat desain kaos sendiri juga mempunyai banyak sekali keuntungan salah satunya Anda bisa menggunakan baju yang sesuai dengan selera.

Cara Membuat Desain Kaos Sendiri

Tampil percaya diri memang bukan salah satu hal yang mudah bagi sebagian. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri seseorang seperti penampilan yang kurang menarik, tidak matching, penampilan yang kurang rapi atau sebagainya. Nah untuk menunjang penampilan menjadi lebih baik maka Anda bisa dengan membuat desain sendiri kaos yang akan dipakai nantinya.

Umumnya untuk bisa membuat desain kaos sendiri tidaklah mudah, namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena kini sudah cukup banyak langkah agar Anda bisa membuat desain kaos sendiri yang nantinya akan di aplikasikan pada baju kaos dengan cara disablon. Nah, untuk lebih detailnya, berikut ini akan dipaparkan beberapa langkah agar Anda bisa membuat desain kaos sendiri.

Langkah Membuat Desain Kaos Sendiri

  1. Langkah pertama Anda harus membuat sketsa dengan menggunakan pulpen atau pensil pada sebuah kertas putih yang kosong. Pada saat membuat sketsa Anda bisa menuangkan berbagai ide atau pikiran ke sebuah gambar yang sesuai dengan selera dan juga keinginan Anda.
  2. Setelahnya Anda bisa menyescan hasil gambar tersebut pada komputer kemudian merapikan dan menebalkannya, pada saat Anda menebalkan hasil gambarnya maka harus diingat jangan pernah mewarnainya jika selain hitam dan putih. Nah, untuk dapat membuat hasil gambar menjadi rapi dan tebal maka Anda bisa menggunakan CorelDraw dan juga Photoshop.
  3. Selanjutnya hasil gambar hitam putih pada desain kaos tersebut bisa Anda print ke dalam media kertas minyak atau juga disebut kertas karkir.
  4. Jika sudah sampai ke tahap tersebut maka Anda bisa langsung melakukan afdruk hasil gambar ke media screen. Setelahnya Anda bisa menyimpan gambar hasil print kertas minyak pada bagian atas media screen yang telah diberikan cairan afdruk. Selanjutnya Anda bisa menyimpannya pada area gelap yang bagian atasnya disinari dengan menggunakan lampu ataupun matahari. Bagi Anda yang memilih menggunakan lampu makan Anda bisa menggunakan lampu 20 watt selama 5 menit. Sementara jika menggunakan matahari Anda hanya membutuhkan waktu selama 10 detik.
  5. Apabila Anda sudah selesai, maka Anda bisa langsung membersihkan bagian media screen dengan memakai air yang disemprotkan secara pelan. Pada tahap ini, akan keluar gambar dari hasil print pada kertas minyak tadi pada area screen yang kosong dan nantinya  akan menjadi sebuah celah agar tinta sablon dapat masuk ke dalam media kaos yang Anda desain tersebut.
  6. Sesudahnya Anda bisa menyiapkan tinta sablon dan menentukan warna yang sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan Anda. Pada saat menyiapkan tinta sablonnya Anda harus memastikan jika tinta sablonnya benar-benar encer agar tidak merusak desain kaos tersebut.
  7. Langkah selanjutnya Anda bisa menyimpan screen pada area atas kain kaos dan membubuhkan tinta secukupnya di dalam screen lalu menarik tinta yang searah sampai memenuhi seluruh titik yang kosong pada bagian screen dengan menggunakan rakel sablon yang berbahan karet.
  8. Langkah terakhir Anda bisa mengeringkan hasil sablon kaos di bawah sinar matahari ataupun dengan mamakai hairdryer. Setelahnya menyetrika kertas tersebut dengan pelan dan juga dengan panas yang sesuai atau cukup.

Demikianlah, semoga beberapa ulasan mengenai desain kaos sendiri diatas dapat berguna dan menambah referensi bacaan utama bagi Anda yang mempunyai keinginan untuk mendesain kaos sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *