Menciptakan Desain Kaos Sendiri? Kenapa Tidak?

Pernahkah Anda pergi ke distro tapi pulang dengan tangan kosong karena tidak ada kaos yang cocok dengan selera Anda atau karena harga kaosnya mahal? Kenapa Anda tidak mencoba membuat desain kaos buatan sendiri? Membuat desain kaos sendiri ternyata tidak sesusah yang dibayangkan dan bisa dilakukan siapa saja termasuk Anda. Tips berikut ini akan membantu Anda mewujudkannya.

Cari inspirasi

Jika Anda sudah mendapat ide desain segera tuang ide tersebut dalam bentuk gambar di atas kertas kosong agar tidak lupa (dengan asumsi Anda memiliki keahlian menggambar). Jika Anda tidak pandai menggambar, buat ide Anda tersebut dalam bentuk tulisan. Anda bisa minta tolong teman yang pandai menggambar atau ahli dalam desain grafis untuk menggambarkannya. Atau Anda datang ke tempat percetakan kaos lalu menjelaskan desain kaosnya supaya karyawan di sana bisa mengubahnya ke dalam bentuk gambar.

Untuk ide desain biasanya datang dengan sendirinya. Tapi jika Anda kesulitan dalam mencari ide desain, Anda bisa mencari inspirasi melalui majalah, komik, televisi, film, atau dari lingkungan sekitar. Inspirasi tidak harus berupa gambar juga tapi bisa berupa tulisan misalnya kutipan kalimat dari ucapan tokoh terkemuka atau dari buku yang pernah Anda. Tinggal pilih font yang bagus maka Anda sudah mendapatkan desain kaos yang menarik.

Dalam membuat desain kaos buatan sendiri, usahakan agar desain tersebut tidak menyinggung kelompok tertentu atau bersifat SARA. Tujuan Anda membuat kaos adalah agar tampil beda dari orang lain bukan untuk memprovokasi orang. Satu hal lagi yang perlu Anda ingat saat menciptakan desain adalah jangan memplagiat gambar orang lain. Anda boleh saja menjadikan gambar orang lain sebagai inspirasi tapi jangan menjiplak sama persis apalagi jika Anda berniat menjadikan kaos tersebut untuk kepentingan komersil. Bisa saja gambar tersebut sudah didaftarkan hak ciptanya dan pemilik hak cipta berhak menuntut Anda jika mereka mengetahui Anda mencoba memplagiat gambar mereka.

Coba pasang desain di kaos lama

Setelah Anda membuat gambar ide di atas kertas, sekarang coba pasang kertas tersebut di atas kaos yang Anda miliki. Hal ini untuk melihat apakah desain Anda tersebut kekecilan kah, kebesaran kah atau pas dengan ukuran kaos. Akan lebih baik lagi jika gambarnya sudah diwarnai jadi Anda bisa sekalian menentukan warna kaos yang cocok. Jika Anda tidak yakin warna kaos yang sesuai dengan desain maka warna hitam atau putih adalah warna yang aman untuk dipilih karna bersifat netral.

­

Memilih jasa print kaos yang tepat

Desain kaos sudah jadi dan sudah diwarnai sekarang waktunya Anda mencari jasa print kaos. Yang perlu Anda perhatikan saat mencari jasa print adalah berapa biaya jasa yang mereka patok untuk mencetak gambar, jenis kaos yang digunakan (harganya berbeda-beda tergantung jenis bahan kaosnya), ukuran kaos, dan berapa lama proses pencetakannya. Kalau Anda hanya mencetak 1-2 kaos mungkin tidak membutuhkan waktu lama untuk mencetaknya. Beda ceritanya kalau Anda mencetak dengan jumlah lusinan atau kodian.

Sekarang mencari jasa print kaos sudah tidak perlu lagi harus mencari di jalan-jalan. Dengan internet, Anda bisa mencari jasa print kaos tanpa perlu keluar rumah. Tapi tentu saja Anda harus tetap berhati-hati agar terhindar dari oknum yang berusaha menipu. Cari tahu dulu review-review dari orang yang pernah menggunakan jasa print tersebut. Supaya lebih aman mintalah rekomendasi dari teman atau keluarga jika mereka pernah menyewa jasa print kaos buatan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *