5 Keunggulan yang Dirasakan dari Cetak dan Menggunakan E-money

Sudahkah Anda memikirkan cetak e money? Uang elektronik di Indonesia perlahan menjaring minat masyakat yang membutuhkan alat pembayaran praktis. Apa saja keuntungan yang diberikan e-money untuk Anda?

  1. Membuat perjalanan lebih efisien

Ketika melakukan perjalanan—baik kegiatan sehari-hari atau liburan—Anda pasti akan mengeluarkan uang untuk hal-hal tertentu. Sebut saja bayar tiket parkir hingga biaya masuk-keluar tol. Cara konvesional yang selama ini diterapkan mulai terasa lambat di tengah perkembangan teknologi yang semakin cepat. Dalam hal ini, keberadaan e-money akan sangat membantu, sebab alat pembayaran ini akan membantu Anda mempermudah dan mempercepat transaksi di tengah perjalanan. Apalagi sekarang tempat parkir sudah memakai teknologi berbasis software dan tol yang telah mengandalkan e-toll.

  1. Membantu proses pengalokasian uang

E-money ternyata dapat menjadi partner praktis bagi Anda yang membutuhkan bantuan pengelolaan keuangan. Jika memungkinkan, cetaklah lebih dari satu e-money untuk mengalokasikan penghasilan bulanan Anda. Misalnya, Anda mempunyai tiga e-money dengan masing-masing peran sebagai berikut: anggaran kebutuhan sehari-hari, tabungan, dan investasi. Jadi setiap tanggal gajian, Anda bisa langsung mengalokasikan uang dalam jumlah tertentu pada uang elektronik tersebut. Dengan begitu, keinginan Anda untuk menarik uang dari anggaran lain pun akan lebih terkendali.

  1. Meghemat pengeluaran dan tarik tunai

ATM atau mesin tarik tunai memudahkan siapa saja untuk mengambil uang. Akan tetapi, ada kalanya Anda berada di wilayah tanpa ATM atau mesin yang dituju sedang mengalami kendala. Dalam hal ini, e-money akan menjadi penyelamat, karena yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pembayaran di tempat yang menyediakannya tanpa harus melakukan penarikan uang tunai. Selain itu, cetak e money pun akan membuat dompet Anda lebih tipis dan ringan, sehingga Anda tak akan kerepotan mengatur atau mengeluarkan uang.

  1. Proses isi ulang yang sangat mudah

Seperti halnya dengan pulsa, proses isi ulang pada uang elektronik pun mudah dilakukan. Anda hanya perlu membelinya dengan uang tunai di merchant-merchant yang telah ditunjuk. Selain itu, isi ulang juga dapat dilakukan menggunakan kartu debit atau langsung datang ke kantor utama/cabang dari bank yang merilis uang elektronik tersebut. Sejumlah bank pun telah mengembangkan aplikasi khusus yang dapat Anda gunakan untuk mengelola e-money, termasuk proses isi ulang. Jadi, Anda tak perlu repot datang ke merchant atau bank lagi.

  1. E-money dapat dijadikan barang koleksi

Bank-bank yang merilis e-money mendesain produk tersebut sedemikian rupa agar terlihat menarik dan dapat Anda jadikan sebagai barang koleksi. Sejumlah edisi terbatas pun diterbitkan—misalnya edisi Idul Fitri, Natal, Shio, dan lain sebagainya—untuk memeriahkan hari-hari tersebut sekaligus mengundang nasabah agar mau menggunakannya. Tak sedikit pula yang bekerja sama dengan production house film dan merilis uang elektronik terbatas saat peluncuran tayangan tersebut. Strategi ini tergolong sukses dan berhasil memperkenalkan e-money kepada khalayak luas.

Di Indonesia, uang elektronik memang masih berada dalam tahap pengembangan. Namun di negara maju seperti Amerika Serikat, pemakaian e-money telah mencapai persentase 95% dari total transaksi finansial. Hal tersebut memang bukan hal aneh, mengingat masyarakat di negara tersebut terbiasa menggunakan kartu kredit dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana dengan Anda? Sudah mempertimbangkan pemakaian uang elektronik setelah membaca lima keunggulannya di sini? Semoga artikel ini membantu Anda yang ingin cetak e money!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *